Mentor Indonesia Distanced Stories

Noe-210x210

Noe Mendelle menggeluti dunia film dan TV selama lebih dari 30 tahun sebagai sutradara dan produser. Dia mendirikan Scottish Documentary Institute pada tahun 2004 dan sejak itu menelurkan program-program pengasah bakat yang memenangkan berbagai penghargaan, antara lain Bridging the Gap, BtG+, This is Scotland, Stories, dan The Edinburgh Pitch. Noe menjadi profesor riset pada Edinburgh College of Art di mana ia menyelia calon doktor dalam bidang film dokumenter.

Sebagai anggota Independent Producer Scotland, Noe berambisi agar bakat-bakat dari Skotlandia berperan penting secara kreatif di kancah dokumenter internasional sebagai pembuat film maupun fasilitator. Dia menjadi produser eksekutif sebagian besar film SDI (Seven Songs for a Long Life, Norfolk, I Am Breathing, Future My Love, New Ten Commandments) dan bekerja secara luas dengan pembuat film baru maupun kawakan. Dia menjadi juri dan anggota panel di banyak festival di seluruh dunia dan menjalankan lokakarya terutama di Afrika dan Timur Tengah.

AnneMilne-210x210

Anne Milne adalah sutradara dan produser dokumenter Skotlandia. Filmnya, Maria’s Way diputar di festival manca negara, dinominasikan pada European Film Award 2010,dan memenangkan BAFTA New Talent. Setelah mendapatkan WorldView Multi Media Grant, Anne pergi ke Nepal untuk menyutradarai Himalayan Sisters yang memenangkan penghargaan untuk editing pada Underwire Festival 2011. Into Deep Space, sebuah film pendek tentang pencarian exoplanet diputar pada Imagine Science Film Festival di New York dan Dublin di mana ia mendapatkan Special Mention. Anne banyak memproduseri film dokumenter pendek bersama Scottish Documentary Institute (SDI). Di antaranya Swan (2016) yang dinominasikan sebagai film pendek terbaik BAFTA Scotland dan termasuk di antara kandidat penerima Grierson Award.

Anne juga menjadi mentor lokakarya bersama SDI/British Council di Libya, Pakistan, dan Jordan. Ia menyutradarai film Adventures in Dementia yang ditugaskan oleh STV dan diproduksi oleh SDI, yang ditayangkan pada 2019 di jaringan televisi. Ia juga salah satu pendiri DocKlub.

DSNugraheni-210x210

Dwi Sujanti Nugraheni (Heni) adalah salah satu pendiri festival dokumenter tertua di Indonesia, yaitu Festival Film Dokumenter. Dia pernah mengikuti IDFA Summer School 2012, Berlinale Talents 2014, dan Talents Tokyo 2015. Film dokumenter panjang pertamanya “Denok & Gareng” diputar perdana dan berkompetisi pada IDFA 2012. Film itu juga diputar di Yamagata International Film Festival 2013, Salaya International Documentary Festival 2013, dan DokFest München 2013. Lewat film itu Heni mendapatkan penghargaan Dokumenter Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia 2013, dan Silver Hanoman Award in Jogja-Netpac Asian Film Festival 2013.

Ernest Hariyanto berperan sebagai produser, penulis naskah, dan editor Jalanan (2013), sebuah dokumenter panjang Indonesia yang meraih penghargaan Dokumenter Terbaik pada ajang prestisius Busan International Film Festival 2013 di Korea dan Dokumenter Terbaik pada Melbourne International Film Festival 2014 di Australia.

Ia juga terlibat dalam dokumenter taraf internasional Laya Project (2007) dan Let Elephant Be Elephant (2014) yang diproduksi untuk National Geographic Channel Asia. Ernest adalah seorang penulis naskah dan editor terakreditasi pada Australia Academy Cinema Television Arts (AACTA) dan menjadi konsultan cerita dan editing untuk proyek film fiksi dan dokumenter.